Rabu, 22 Juni 2011

8 Hal yang Bisa Membuat Diet Anda Gagal

  1. Are you an emotional eaters?
    Emotional eaters melampiaskan perasaan-perasaan karena masalah yang dimiliki pada makanan. They usually have negative emotions, like anger, desperate, unappreciated, bored, etc, and they will eat a lot of junk food for comfort1,2. Oprah bahkan sering membahas topik ini di talkshow nya. But, eating food doesn’t solve your problem! In fact, malah nambahin masalah, dengan tumpukan lemak yang ngga sehat dan susah dihilangkan. So, how do we stop it? It’s easy.
    • When you start to crave for food, ask yourself: “Apakah aku benar-benar lapar?”, ”Seberapa laparkah saya?”. This way, we can check apakah Anda benar-benar lapar, atau hanya sebatas emosi saja.
    • Hindari godaan! Jangan sengaja menggoda diri Anda sendiri dengan menyimpan makanan yang biasa Anda makan untuk memperbaiki mood Anda. Akan sulit bagi Anda untuk menolaknya. Jika sedang bad mood, tunda dulu keinginan Anda untuk shopping.
    • Distract yourself! Window shopping, bermain dengan hewan peliharaan Anda, membaca, or chatting. Pick what you like. Masih ingin mengunyah? Wajar kok siasati dengan permen karet bebas gula!
  2. Are you starving yourself?
    Calories in less than calories out adalah kunci penurunan berat badan. Tetapi, jika Anda memotong terlalu banyak kalori dari makanan Anda, Anda akan merasa lemas dan tidak berenergi, yang akan berujung pada konsumsi makanan yang berlebih pada kesempatan makan berikutnya.
  3. Is breakfast is on your BIG-NO list?
    Kalau Anda tidak makan pagi, Anda akan kelaparan lebih cepat, dan siap memberantas makanan saat lunch atau dinner. Penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts Medical School menunjukkan bahwa orang yang skip breakfast (are you one of them?) memiliki kecenderungan 4.5 x lebih besar mengalami obesitas dibandingkan dengan orang yang sarapan secara teratur. Penelitian lain yang melibatkan lebih dari 16.000 orang Amerika dewasa menunjukkan bahwa mereka yang rutin melakukan sarapan, memiliki berat badan yang lebih ideal dibandingkan dengan mereka yang melewatkan waktu sarapan.
  4. Do you keep a food diary?
    Bagaimana Anda bisa yakin kalau Anda telah menjalankan diet Anda dengan baik? Food diary membantu Anda stay on the track. Catatlah konsumsi makanan Anda di food diary dengan jujur, setidaknya dalam 10 hari untuk membantu membentuk habit makan Anda.
  5. You won’t be JLo in a night!
    Set realistic target. Target yang tidak realistis hanya akan membuat Anda merasa menderita untuk memenuhinya, putus asa, dan akhirnya menyerah! Ladies, just a friendly reminder, penurunan berat badan yang sehat adalah 1-1,5 kg per minggu.
  6. Do you weigh yourself everyday?
    Berat badan harian umumnya naik turun. Menimbang tiap hari hanya akan membuat Anda cemas, atau mungkin kecewa saat berat badan sedang naik. Timbang berat badan Anda secara teratur seminggu sekali. Take notes and use it to help you adjust your diet and exercise plan.
  7. Girl, you’re not USS army on duty.
    Jadi jangan melakukan olahraga lebih dari kapasitas proporsional fisik Anda. Olahraga berlebihan dapat menyebabkan Anda mengalami kelelahan yang sangat dan risiko cidera menjadi lebih besar. Tubuh Anda akan lemas, Anda mungkin akan jatuh sakit, dan diet Anda bisa gagal. Tetapkanlah waktu berolahraga secara teratur setiap minggu dan lakukan variasi olahraga agar Anda tidak bosan.
  8. Eating your favorite food is not a sin!
    Makan makanan favorit gak papa kok, asal ngga berlebihan. Simply keep an eye on the calorie and do it on moderation. Ini mencegah Anda craving for it later dan malah memakannya secara berlebihan 
BACA JUGA  : NUTRISI SEHAT UNTUK WANITA  DAN SIKLUS                           DIET MEDITERANIA DAPAT TURUNKAN RESIKO KANKER PAYUDARA 
                          CARA MENCEGAH INFEKSI JAMUR PADA VAGINA