Kamis, 26 Mei 2011

Penyakit Perempuan Yang 'Mampir' ke Laki-Laki

Beberapa penyakit yang dikenal sebagai penyakit para wanita, misalnya varises dan kista. Namun kini, mereka mulai mengagendakan jadwal-jadwal "pertemuan" dengan para pria. Kenali mereka sekarang juga, sehingga Anda bisa menutup pintu sebelum mereka bertamu ke tubuh Anda.
VARISES
Bagaimana Anda bisa terkena? Varises terjadi karena adanya pelebaran pada pembuluh darah balik (vena), yang disebabkan fungsi katup vena dalam kondisi buruk. Vena yang normal dengan katup yang berkondisi baik akan mengalirkan darah dengan lancar ke jantung. Tapi pada penderita varises sebagian darah tetap ada pada pembuluh darah vena, yang akhirnya membuat vena melebar. Penelitian yang dilakukan Welcome Trust di Edinburgh Royal Infirmary menemukan bahwa pria cenderung lebih mudah mengalami pelebaran pembuluh darah balik (vena). Masalah berat badan salah satu penyebabnya. Terlalu lama berdiri dan adanya riwayat penderita dalam keluarga, menghasilkan ancaman yang menyakitkan mata -seperti penampilan yang buruk di sekitar paha dan betis.
Cara menaklukkannya: Manfaatkan gym, latihan otot paha akan mencegah perpecahan pada pembuluh darah kecil dan dangkal. Variasikan latihan Anda dengan jalan kaki, lari, bersepeda, dan berenang untuk menjaga pembuluh darah Anda tetap aktif. Jika kaki Anda telah mendapatkan gurat-gurat berwarna biru itu, mintalah dokter Anda untuk membuatkan program skleroterapi -suatu program yang digunakan untuk mendorong darah agar berjalan melalui pembuluh darah dan menjauh dari varises.
HYPOTIROIDISM (GONDOK)
Bagaimana Anda bisa terkena? Satu dari 1.000 pria menderita karena penyakit yang menyerang sistem imun ini. Hal ini lantaran antibodi tubuh diserang oleh jaringan tubuh itu sendiri. Obesitas dan kurangnya konsumsi yodium merupakan penyebabnya. Karena gejalanya yang tidak spesifik, penyakit ini seringkali dibiarkan hingga akhirnya sampai pada stadium lanjut. Padahal banyak masalah yang akan ditimbulkan, misalnya terganggunya aktivitas seks, impoten, otot yang lemah, rambut menipis, dan kelelahan.
Cara menaklukkannya: Penyebab utama penyakit ini karena tubuh Anda krisis yodium. Jadi Anda dapat melawannya dengan mengonsumsi yodium secukupnya.
KISTA
Bagaimana Anda bisa terkena? Kista bisa turun melalui apa saja, mulai dari seks nan nakal, terlalu banyak alkohol, sampai pada sabun yang Anda gunakan. Kenali hal ini: Sensasi terbakar ketika buang air kecil, keinginan untuk buang air kecil (walaupun tangki penyimpanan air kecil Anda kosong), warna urin yang keruh dan berbau tajam.

Cara menaklukkannya: Gejalanya berkaitan dengan penyakit menular seksual (PMS) dan masalah prostat, jadi segera lakukan pemeriksaan. Selain itu minumlah lebih banyak air putih (500 ml per jam pada 4 jam pertama, kurangi menjadi 250 ml setiap 2 jam berikutnya). Hal ini dapat membantu membasmi bakteri, mancairkan urin dan meringankan sensasi terbakar yang Anda rasakan.
OSTEOPOROSIS
Bagaimana Anda bisa terkena? Seiring dengan pertambahan usia, Anda mulai akan kehilangan kepadatan massa tulang dan semakin berkurangnya daya serap kalsium. Hal ini tentu saja berakibat fatal bagi kesehatan tulang. Puncak dimana Anda dapat menabung kepadatan massa tulang adalah di usia 25 tahun. Setelah itu tulang Anda akan berhenti memproduksi massa tulang. Jika Anda tidak mempertahankan kepadatan massa tulang yang Anda miliki, maka Anda akan kehilangan kepadatan massa tulang setidaknya satu persen setiap tahun. Tentu saja lama-kelamaan tulang Anda menjadi rapuh. Tanda awalnya mudah dikenali, antara lain patahnya tulang walau hanya terkena sedikit hantaman.

Cara menaklukkannya: Pencegahan adalah cara terbaik. Latihan menopang tubuh melawan gaya gravitasi bumi -seperti berjalan dan lari merupakan latihan terbaik untuk mencegah osteoporosis. Lakukan setidaknya tiga kali dalam seminggu selama 45 menit setiap kali latihan. Tereza Hough, CEO National Osteoporosis Foundation menambahkan bahwa masukan kalsium setidaknya 1.000 mg per hari, berhenti merokok, dan meminimalkan konsumsi alkohol hingga tak lebih dari 2 gelas per hari, adalah tindakan yang tepat untuk membantu mencegah osteoporosis.
GUAM (THRUSH)
Bagaimana Anda bisa terkena? Sekitar 3% pasangan dari wanita yang mengidap guam -semacam sariawan yang berjangkit di alat kelamin- kemungkinan terkena balanopasthitis, versi maskulin penyakit ini. Penyebabnya terutama karena kurang higienis. Jamur yang berdiam di bawah kulit kelamin atau di lipatan skrotum akan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Tanda yang paling mudah dikenali adalah adanya pembengkakan. Perhatikan apakah ada noktah merah atau gatal pada kulit kelamin yang mengakibatkan ketidaknyamanan saat Anda mengeluarkan urin.
Cara menaklukkannya: Selalu bersihkan bagian bawah kulit kelamin Anda, khususnya setelah berhubungan intim. Hal ini dimaksudkan sebagai proses pembersihan dari adanya kemungkinan bakteri yang terikut. Dan jika Anda dan pasangan Anda berhenti menggunakan kondom, segera lakukan pemeriksaan.

baca juga tips memilih adronoit