Jumat, 27 Mei 2011

pencegahan dan pengbatan kanker payudara dengan Tes skrining

Kanker payudara

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum di kalangan wanita di Amerika Serikat. Kira-kira satu
dari sembilan perempuan berusia 65 tahun akan mengembangkan kanker payudara, walaupun banyak yang tidak sampai setelah mereka berusia diatas 65 tahun.

Deteksi dini kanker payudara sangat penting, tanpa memperhitungkan faktor risiko, karena
semakin dini kanker ditemukan, ia semakin kecil. Penelitian telah menunjukkan dengan jelas bahwa semakin kecil ukuran kanker payudara saat terdeteksi, semakin besar kesempatan pembedahan untuk penyembuhan dan semakin bertahan lama. Kanker payudara yang lebih kecil juga kurang kemungkinan sudah menyebar ke Kelenjar getah bening dan organ-organ lain seperti paru-paru, liver, tulang, dan otak.



Tes Skrining Kanker Payudara

· Pemeriksaan bulanan payudara sendiri
· Pemeriksaan payudara oleh dokter
· Mammography

Meskipun alat-alat yang paling efektif untuk mendeteksi kanker payudara adalah mammography dan uji klinis payudara oleh profesional kesehatan, pengujian payudara sendiri mungkin juga sebagai alat yang efektif untuk menemukan kanker lebih dini. Mammograms dapat mendeteksi banyak kanker payudara kecil sebelum mereka dapat dirasakan dengan pemeriksaan payudara, dan ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa deteksi dini dengan mammograms telah meningkatkan keselamatan perempuan dengan penyakit ini. Namun, mammogram yang biasa tidak sepenuhnya dapat menunjukkan kemungkinan adanya kanker payudara, dan pemeriksaan payudara sendiri dan pemeriksaan payudara oleh dokter tetap penting. Bahkan, wanita yang biasa melakukan pengujian payudara sendiri menemukan 90% massa payudara.